Sejarah Pendirian

بسم الله الرحمن الرحيم

Sejarah

Pada hari Ahad tangggal 7 Desember 2014 bertepatan dengan 14 shafar 1436 H.,  sebuah dokumen yang menyatakan dimulainya pendirian Pesantren Islam Al Irsyad Putri (PIAPi) telah ditandatangani oleh stakeholder utama Yayasan Pesantren Islam Al Irsyad Semarang. Mereka yang menandatangani adalah Bapak Khalid Bawazir, Bapak Nadji Abdat, Bapak Thariq Umar Abdat dan Bapak Awodh Makki.

Rasa syukur yang sangat mendalam menyambut kedatangan sebuah penantian panjang. Alhamdulillah dengan rahmat dan taufiq Allah Subhaanahuu wa Ta’aala, Balitbang PIA telah rampung menyiapkan dokumen tersebut selama kurang lebih 3 bulan.  Balitbang PIA yang diketuai oleh ustadz Nafi’ Zaenuddin Abdullah, Lc dengan anggota ustadz Dimas Buntarto, SSi, ustadz Ahmad Muslih, Lc dan ustadz Zuhdi Amin, Lc, telah mendapatkan arahan dari ustadz Yusuf Utsman Ba’isa, Lc  dan berhasil menyiapkan dokumen awal yang menjadi fondasi pendirian Pesantren Islam Al Irsyad Putri. Ikut hadir dalam presentasi dan penandatanganan tersebut Mudir dan Wakil Mudir Pesantren Islam Al Irsyad Putra bersama jajarannya. Acara juga disaksikan oleh 3 utusan yang akan menjadi Cabang dan Binaan Pesantren Islam Al Irsyad, yaitu Pekalongan, Makassar dan Majalengka.

Satuan Pendidikan

Pesantren Islam Al Irsyad Putri membuka 3 satuan pendidikan yaitu; Mutawasithah atau Madrasah Tsanawiyah (MTs), I’dad Mu’allimat (IM) atau Madarasah Aliyah (MA), dan I’dad Lughawy (IL). Pada Tahun Pelajaran 2015-2016 sebagai awal tahun pembelajaran dibuka 2 jenjang pendidikan yaitu; Mutawasithah atau Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan I’dad Lughawy (IL).

Lokasi

Lokasi yang dipilih adalah sebuah lahan yang sebelumnya merupakan asrama SDITQ Pesantren Islam Al Irsyad. Lokasi ini menjadi semangat awal menuju lokasi yang lebih permanen dan lebih luas. Dalam perencanaan jangka pendek Lokasi Pesantren Al Irsyad Putri selanjutnya akan menempati tanah seluas 3 Hektar.

Pesantren Islam Al Irsyad putri hadir untuk menjawab kebutuhan umat terhadap para ulama wanita. Melalui lembaga pendidikan dalam bentuk Pesantren, kami berusaha menyiapkan  kader ulama muslimah, menumbuhkan semangat mereka dalam menguasai ilmu-ilmu keislaman dan umum sehingga mampu memberikan kontribusi positif untuk umat. Kami juga berkeinginan untuk memelopori pesantren putri yang mampu mendidik kader ulama muslimah rabbaniyah secara komprehensif dan integral.

Semoga Allah Ta’ala memberikan taufiq, kemudahan, dan keberkahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *