Metode Belajar Bahasa Arab

Bismillah. Sebelum belajar bahasa arab maka kita harus tahu apa motivasi untuk mempelajari bahasa arab. Mengapa harus belajar bahasa Arab? Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjelaskan dalam firman-Nya:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur’an) berbahasa arab agar kamu mengerti.” (Q.S. Yusuf : 2)

Berangkat dari ayat ini dapat diketahui bahwa salah satu cara untuk memahami Al-Qur’an dengan adalah dengan  belajar bahasa arab. Karena banyak ilmu yang terkandung dalam Al-Quran. Maka inilah motivasi kita untuk bisa berbahasa Arab.

Selain itu, Amirul mukminin Umar bin Khottob pernah berkata:

تعلموا اللغة العربية فإنها جزء من دينكم

“Pelajarilah bahasa arab karena ia adalah bagian dari agamamu”

Asy-Syaikh Ibnu Taimiyyah juga menuturkan:

لا سبيل لضبط هذا الدين إلا بالعربية

“Tidak ada jalan untuk memahami Agama ini (Islam) kecuali dengan bahasa Arab.”

Metode belajar bahasa arab

  1. Ikhlas karena Allah subhanahu wa Ta’ala

Ikhlas karena Allah subhanahu wa Ta’ala dalam setiap amalan adalah wajib, karena semua amalan tergantung pada niatnya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إنما الأعمال بالنيات…

“Hanya saja setiap amalan itu tergantung pada niatnya…”

Hendaknya setiap muslim selalu memperhatikan dan memperbaharui niatnya sebelum melakukan suatu amalan. Misalnya, niatkan belajar bahasa arab untuk memahami Al-Qur’an dan Al-Hadits dengan benar.

  1. Adab dalam menuntut ilmu

seorang yang ingin menuntut ilmu harus memperhatikan adab-adab dalam menuntut ilmu. Menuntut ilmu tanpa adab bisa mengakibatkan ilmu yang didapat tidak berkah. Adab terhadap ilmu itu sendiri dan adab terhadap orang yang menyampaikan ilmu. Betapa banyak orang yang menuntut ilmu, tapi ia sangat jauh dari adab menuntut ilmu, padahal adab dalam menuntut ilmu adalah salah satu cara agar ilmu yang didapatkan menjadi berkah.

  1. Menggunakan cara belajar yang efektif

Luangkan waktu anda untuk belajar bahasa arab minimal satu jam dalam sehari. Baik itu untuk melanjutkan pelajaran baru ataupun untuk mengulangi pelajaran yang lalu. Kalau bisa lebih, itu lebih bagus lagi. Dan ini termasuk cara belajar yang efektif.

  1. Memilih buku panduan yang tepat.

Terkadang ada orang yang sudah lama belajar bahasa Arab, namun dia belum juga bisa mengerti kaidah dasar bahasa Arab. Diantara penyebabnya adalah karena salah dalam memilih buku panduan. Untuk orang yang baru belajar bahasa Arab mestinya ia menggunakan buku yang membahas kaidah terlebih dahulu  secara runtut.

  1. Mempunyai pendamping sebagai tempat bertanya dan berkonsultasi.

Seseorang tidak mungkin bisa menguasai bahasa Arab sendiri dengan membaca buku-buku kaidah bahasa Arab tanpa sedikitpun bertanya dan minta penjelasan dari orang lain. seseorang tetap butuh adanya pendamping belajar yang bisa membantu dia ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar. Sebab dalam pelajaran bahasa Arab, ada beberapa materi yang memang butuh adanya penjelasan dari orang yang sudah bisa.

  1. Menggunakan kaidah bahasa Arab dalam keseharian

bahasa itu adalah sesuatu yang hidup, jika tidak digunakan dalam keseharian maka ia akan mati/hilang. Sepintar apapun seseorang dalam bahasa Arab, sebanyak apapun buku yang sudah ia pelajari jika ia tidak menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari sedikit demi sedikit ilmu itu akan hilang

Semoga kita selalu diberikan semangat dalam terus menuntut ilmu.

 

Penulis : Ustadzah Hafsah Maimunah

Editor : Hiyasha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *