Menjaga kebersihan Saat Haid/Menstruasi

mawar


Selama menjalani siklus haid atau menstruasi, organ intim wanita berada dalam kondisi yang lebih lembap itulah mengapa setiap perempuan harus ekstra lebih memperhatikan kondisi organ intim wanita selama menstruasi.


 

Pendahuluan

Menstruasi yaitu siklus yang terjadi pada wanita dalam jangka waktu 1 bulan atau disebut dengan siklus bulanan. Jika wanita normal biasanya haid/menstruasi terjadi dalam siklus 21-35 hari selama tiga hingga tujuh hari dalam satu siklusnya. Jumlah darah selama satu siklus haid kurang lebih sebanyak 50 cc. Maka dari itu kebersihan organ sangat penting untuk diperhatikan saat menstruasi, jika praktik kebersihan kita yang buruk maka bisa menimbulkan berbagai penyakit infeksi. Sayangnya, wanita saat ini ketika datang bulan kurang menjaga kebersihannya.

Selama menjalani siklus haid atau menstruasi, organ intim wanita berada dalam kondisi yang lebih lembap itulah mengapa setiap perempuan harus ekstra lebih memperhatikan kondisi organ intim wanita selama menstruasi.

Organ intim wanita yang sehat dan bersih memiliki keseimbangan kimiawi yg bersifat asam dengan pH 3.5, pada keadaan keseimbangan kimiawi yang normal, bakteri baik yang ada di dalam Organ intim wanita mampu membersihkan dari bakteri secara optimal sehingga keseimbangan kelembaban di dalamnya selalu terjaga tetapi jika ia tidak dalam keadaan keseimbangan yang normal maka Organ intim wanita tidak bisa membersihkan bakteri secara optimal akibatnya keluhan yang biasanya atau malah sering dialami pada Organ tersebut seperti gatal-gatal karena kebersihan dan kelembaban, maka akan terganggu, salah satunya ketika wanita/perempuan mengalami menstruasi. Saat menstruasi kebersihan organ intim jangan dianggap sepele atau tidak penting.

Pembalut biasanya menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan wanita saat menstruasi/haid. Jangan memilih pembalut dengan asal-asalan pilihlah pembalut yang aman nyaman dengan permukaan yang lembut dan tanpa pewangi, karena pembalut beraroma sangat berpotensi menimbulkan iritasi pada Organ intim wanita, bahkan bakteri bisa bersarang akibat pembalut asing yang memakai pewangi.

Saat menstruasi/haid tubuh akan memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang lebih banyak, hormon tersebut memicu produksi keringat dalam jumlah lebih banyak dari biasanya dan keringat pun menjadi beraroma kurang sedap, maka untuk mengatasinya usahakan mandi pagi dan sore untuk saat haid. Saat menstruasi, mandi adalah proses utama untuk memastikan kebersihan di area genital atau Organ intim wanita, jadi saat membersihkan organ intim basuhlah dengan air bersih dari arah kedepan ke belakang atau sebaliknya jangan terlalu sering membersihkan Organ intim wanita menggunakan sabun kewanitaan bersihkan dengan air saja sudah cukup karena jika penggunaan sabun kewanitaan berlebihan bisa mengganggu keseimbangan flora di sekitar alat kelamin serta bisa membunuh bakteri baik dan memicu tumbuhnya bakteri jahat atau jamur.

Wanita juga perlu menghindari pemakaian celana dalam yang terlalu ketat karena penggunaan celana dalam yang terlalu ketat dapat menekan otot luar pada organ intim dan membuat area sekitarnya menjadi lembab jadi kenakan celana dalam yang agak longgar dan bahannya terbuat dari bahan dasar katun yang mudah menyerap keringat

Langkah-langkah merawat Organ intim wanita saat menstruasi/haid :

  1. Setiap hari pagi dan sore jika memungkinkan.
  2. Selalu bersihkan Organ intim wanitadari depan ke belakang atau dari belakang ke depan.
  3. Ganti celana dalam minimal 2 kali sehari, terutama kalau sudah lembab.
  4. Ganti pembalut setiap 3 jam sekali meskipun pembalut belum penuh agar area Organ intim wanitatetap kering dan tidak lembap.
  5. Jika menstruasi sudah tidak begitu banyak kenakan panty liner sebagai ganti pembalut biasa.
  6. Tidak melakukan Organ intim wanital douching atau memasukkan cairan pembersih, termasuk air, kedalam Organ intim wanita dengan maksud membersihkan.

 

Ini yang harus wanita perhatikan saat membersihkan organ intim/Organ intim wanita saat menstruasi atau haid :

  1. Pertama bersihkan Organ intim wanita, miss v terlebih dahulu menggunakan air bersih dari depan ke belakang untuk membersihkan sisa darah yang tertinggal.
  2. Sabuni badan kecuali pada bagian dalam Organ intim wanita. Menurut ACOG(American Congress of Obstetricians dan Gynecologists) adalah cara terbaik dalam membersihkan Organ intim wanitacukup dengan air hangat, jika membersihkan alat kelamin dengan sabun akan mengganggu keseimbangan pH Organ intim wanita. Jika keseimbangan Organ intim wanita terganggu maka membuat Organ intim wanita lebih rentan terhadap infeksi.
  3. Bersihkan busa sabun menggunakan air hangat yang berdampak menenangkan wanita dari mood yang tidak stabil.
  4. Bilas kembali bagian intim Organ intim wanitalalu seka tubuh hingga kering.

 

Akibat dari lalai menjaga kebersihan organ intim ketika menstruasi, maka akan Tumbuhnya mikroorganisme yang tidak diharapkan. Kelalaian menjaga kebersihan ini juga dapat menimbulkan bau infeksi dan keputihan yang tidak wajar. Darah termasuk media kuman, yang digunakan kuman untuk berkembang, mengingat selama wanita menstruasi darah akan menempel di permukaan vulva maka wanita harus terus menjaga kebersihan Organ intim wanita agar kelembapan Organ intim wanita tetap terjaga.

Penutup

Untuk menjaga kesehatan kewanitaan saat risiko infeksi meningkat, terutama saat periode menstruasi, sebaiknya para wanita membersihkan organ kewanitaan secara teratur dengan cara membasuh organ intim dari depan ke belakang dan dikeringkan dengan baik. Selain itu, disarankan mengganti pembalut sesering mungkin, setidaknya tiga-empat jam sekali, untuk menghindari kelembapan pada organ kewanitaan.

Jika tangan ingin menyentuh untuk membersihkan Organ intim wanita pastikan tangan harus bersih, mencuci tangan sebelum membersihkan Organ intim wanita itu penting ketika membasuh kita harus memastikan airnya benar-benar bersih atau gunakan air hangat untuk membasuh, sementara jika kita membasuh menggunakan air yang mengalir misalnya dengan disemprot maka saat menyemprot semprotannya jangan terlalu kencang. Rangkaian membersihkan organ kewanitaan ini dilakukan karena agar tidak ada bakteri yang berasal dari tangan dan berkembang di Organ intim wanita.

Kalau kita ingin memakai celana pada saat sehabis membersihkan Organ intim wanita pastikan Organ intim wanita anda kering agar kelembapannya terjaga. Kalau ingin mengeringkan Organ intim wanita dengan tisu jangan lupa bagian celah diantara dua labia harus ikut di usap pakai tisu tapi mengusapnya dengan lembut.

Penulis : Ustadzah Siti Muslimah, A.Md. Kep.

Editor   : Ustadzah Hijriyahni Khoerunnisa, S.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *